Saturday, July 6, 2013

Membuat upload file pada PHP

halooo
berhubung saya lagi malas mengerjakan laporan, blog ini saya update sedikit hahaha, belakangan saya sering heran kenapa ya page view blog ini lebih sedikit dari blog baru saya hahhaa, apa karna blog ini topiknya tidak menarik? hehehe. padahal blog sebelah udah ga saya update lagi loh -_-

okeeeeh back to topic
kali ini saya ingin membuat upload file pada php, yuuuk kita lihat

untuk membuat upload file, hanya menggunakan <input type ="file">, dan buat button untuk simpan

<form action='materisimpan.php' method="post" enctype="multipart/form-data" >
<table align="center">
<tr>
<td>Materi</td>
<td>:</td>
<td><input type="file" name="materi" id="materi"/></td>
</tr>
<tr>
<td><input type="submit" name="simpan" value="simpan"></td>
</form>
</table>

===============================================================

nah untuk simpannya kita beri nama materisimpan.php

<?php
include "conn.php";  //koneksi database

$materi=$_FILES["materi"]["name"];

move_uploaded_file($_FILES["materi"]["tmp_name"],"materii/".$materi);  //materii adalah nama direktori penyimpanan materi

$sql=mysqli_query($connection,"INSERT INTO materi(file_materi)
values('".$materi."')");


if($sql){
 echo "<script>alert('Berhasil'); history.go(-1)</script>";

} else {
          echo "<script>alert('Gagal'); history.go(-1)</script>";
}
?>

============================================================

dan selesaaaai selamat mencoba :D

No comments:

Post a Comment