Tuesday, July 2, 2013

Membuat Session Login pada PHP

Hai semuanyaaa
saya lagi senang - senang nya dengan PHP karna beberapa bulan belakangan saya bergelut dengan PHP, MySql, Java Script, Ajax. hahha mungkin lain kali saya akan membahas ajax :D
berhubung tugas akhir saya yang tak kunjung selesai makanya saya update blog ini #lahgitu?

oke kali ini saya akan membahas tentang Session, soalnya saya pernah ditanya "gimana sih bikin from kalau udah logout trus di back ga balik lagi?" SESSION !! iyaa jawabannya adalah pake session
yuk kita bahas :)

oke pertama saya membuat form untuk login dengan nama index.php, nah di form ini saya menuliskan coding , yang menandakan apabila session mahasiswa nya aktif maka akan masuk ke halaman mhshome.php
<?php
session_start();
if(isset($_SESSION['mahasiswa']))
header("Location:mhshome.php");
?>
==========================================================

nah selanjutnya saya membuat control login nya, disini di tentukan apabila username dan password salah akan di arahkan kemana, dan kalau benar akan di arahkan kemana
<?php
session_start();
include 'conn.php';

if(isset($_POST['username']) && isset($_POST['password']) ){
$user=$_POST['username'];
$pass=$_POST['password'];

echo($user.''.$pass);
if($user=="" || $pass==""){
session_destroy();
header("Location:index.php");
}
else{
$query="SELECT * FROM `mahasiswa` WHERE `nim`='".$user."' and `password`='".$pass."'";
$cek=mysqli_query($connection,$query);
$cekrow=mysqli_num_rows($cek);
if($cekrow==0){
session_destroy();
header("Location: index.php");
echo($cekrow);
}
else{
$row=mysqli_fetch_assoc($cek);
$_SESSION['mahasiswa']=$row['nim'] ;
header("Location: mhshome.php");
}
}
}
elseif(!isset($_POST['username']) && !isset($_POST['password'])&& isset($_GET['action'])){
session_destroy();
header("Location:index.php");
}
mysqli_close($connection);

?>

==========================================================

Selanjutnya saya akan membuat mhshome.php, itu merupakan tujuan apabila login berhasil

<?php
require_once("conn.php");
session_start();
if(isset($_SESSION['mahasiswa'])){
}
else{
session_destroy();
header("Location: index.php");
}

//logout
if(isset($_GET['action']) && $_GET['action']=="logout"){
session_destroy();
header("location:index.php");
}

?>

==========================================================

yaap session selesai  :D
selamat mencobaaaaa :)

No comments:

Post a Comment