Wednesday, March 9, 2016

Mengingat command line di linux

Halo gaeees..
Saya kembali lagi, mumpung malam ini saya lagi bingung mau ngapain dan kebetulan laptopnya masih nyala, mari kita mengingat kembali command line yang digunakan di linux.
mengapa saya tiba tiba posting dengan tema command line di linux karena selama dua minggu ini saya dapat tugas menugaskan diri lebih tepatnya untuk mempersiapkan server SIT tim project saya yang servernya linux yang menggukan centos 7
Padahal saat itu saya benar-benar lupa karena terakhir saya pegang linux (ubuntu) saat masih kuliah semester 4 atau 5 dan itu tahun 2012 haha.

hal pertama yang terpikir oleh saya ada "oemji gue lupa command line di linux" padahal saat itu saya harus menginstall JDK, Jboss Web Server dan Jboss EAP 6.

oke kali ini kita mengingat-ingat command line saja ya, untuk installasi akan saya tulis di postigan selanjutnya.
nah ini command line yang bisa kamu gunakan:

- cd : untuk masuk ke dalam directory
- ls : liat file yang ada di directory itu
- cd .. : untuk keluar dari directory
- tar xvf : untuk ekstrak file .tar
- tar xvzf : untuk ekstrak file .tar.gz
- rm -r : untuk delete file / directory yang ada isinya
- rmdir : untuk delete directory yg kosong
- mkdir : untuk membuat directory
- mv : untuk memindahkan file /directory /mengganti nama
- cp : untuk menyalin file / directory
- cp -r : untuk menyalin file beserta isinya
- vi : untuk mengedit file (kamu bisa menggunakan editor yang lain)
- chmod : untuk memberi izin atau executable

oke ini yang saya inget dan yang kemaren saya gunakan, nanti kalau ada tambahan saya update lagi deh :)))

No comments:

Post a Comment