Friday, April 5, 2013

Basis Data Dasar #Pengenalan Query

Akhir-akhir ini saya disibukkan dengan proposal Proyek Akhir saya sehingga blog ini tidak dapat saya update, iya saya mahasiswa tingkat akhir pada sebuah universitas swasta di kota pekanbaru :D
Untuk menyambut munculnya blog baru saya maka blog ini saya update (satu blog aja tidak di urus) hahaha
okee pembahasan kita kali ini adalah Basis Data Dasar yaitu tentang Query

Apa itu Query ??
Query adalah semacam kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil dari table-tabel yang ada di database, namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai dengan yang kita inginkan. data apa yang ingin kita tampilkan.
misal : data barang yang di beli, maka nanti akan mengambil data dari table Jual_beli  dan tabel Barang


Macam-macam Query



  1.  Append Query, digunakan untuk menambahkan sekelompok record dari satu atau lebih tabel ke dalam satu atau lebih tabel berdasarkan kriteria tertentu.

Contoh :
Menampilkan secara detail penjualan barang dalam satu table.
Append query juga dapat membantu untuk:
  • Menambahkan fields berdasar kriteria. Misalnya ingin menambahkan kode barang dan nama barang  yang terjual.
  • Menambahkan records dimana beberapa fields pada satu tabel tidak ada pada tabel lainnya. Misalnya tabel Customers memiliki 11 fields dan anda akan menambahkan data dari tabel lain yang memiliki 9 fields yang sama. Append query akan menambahkan data pada fields yang cocok dan mengabaikan data lainnya.

  2.        Make Table Query, digunakan untuk membuat tabel baru dari seluruh atau sebagian data dalam satu atau lebih tabel. Make tabel query juga berguna untuk membuat tabel untuk ditransfer pada database Access yang lain, membuat report yang menampilkan data mulai posisi tertentu, membuat backup atau salinan dari suatu tabel, membuat tabel history yang berisi record-record yang sudah lama.

Table barang di make table query dengan nama tabel1
Make-table query berguna untuk:
  • Membuat tabel untuk mengexport ke database Microaoft Access yang lain.
  • Membuat form dan report atau data access pages yang menampilkan data dari satu titik waktu.
  • Membuat backup dari tabel secara otomatis menggunakan macro atau code.
  • Membuat sejarah tabel yang berisi data lama. Misalnya membuat tabel yang menyimpan data order lama sebelum menghapusnya dari tabel order yang digunakan.
  • Meningkatkan performance dari form, report dan data access page. Misalnya anda ingin membuat report dari query 5 tabel, anda dapat membuat tabel untuk menampung data dari query 5 tabel, kemudian menjadikan tabel baru ini sebagai sumber untuk report yang anda buat

  3.   Delete query, digunakan untuk menghapus satu group records dari satu atau lebih tabel. Misalnya anda dapat menggunakan delete query untuk menghilangkan nama barang yang tidak ada di beli oleh pembeli pada table Jual_Beli. Dengan delete query anda selalu menghapus semua records tidak hanya filed yang dipilih dalam records.




No comments:

Post a Comment