Saturday, October 13, 2012

Aplikasi sederhana dengan menggunakan operator pada VB.Net

Kali ini kita akan membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan operator pada visual basic, terlebih dahulu marilah kita berkenalan dengan operator, Operator adalah symbol yang menunjukkan bagaimana visual basic melakukan aksi terhadap sebuah ekspresi, ada 4 jenis operator dalam visual basic yaitu, operator penugasan, operator aritmatika, operator perbandingan, dan operator logika.

  • Operator penugasan digunakan untuk memasukkan nilai dari ekspresi lainnya. symbol yang digunakan sebagai operator penugasan adalah tanda sama dengan (=)
  • Operator aritmatika digunakan untuk melakukan beberapa operasi matematika. Operator aritmatika merupakan operator yang memiliki nilai hirarki tertinggi di bandingkan operator lainnya
  • Operator perbandingan digunakan untuk membandingkan suatu ekspresi / nilai dengan ekspresi yang lain, dimana hasilnya merupakan sebuah nilai boolean true atau false. merupakan operator kedua yang di kerjakan setelah operator aritmatika
  • Operator logika digunakan untuk melakukan operasi logika boolean yang akan menghasilkan nilai yang bertipe boolean yaitu true atau false.
Baiklah kita akan membuat program yang bisa conversi bilangan decimal menjadi binary dan hexadeciamal
1. Lakukan hal yang sama seperti postingan sebelum nya
2. Desain seperti gambar di bawah ini


3. Klik form Demo Operator dua kali dan ketikkan code di bawah ini :


4. Jalankan aplikasi dan lihat hasilnya, selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment